Drs. Supriyadi, S.E., M.Pd.

BAHASA INDONESIA

CAPAIAN MATA KULIAH BAHASA INDONESIA

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang dikenal sebagai masyarakat yang majemuk secara cultural. Artinya pada masyarakat Indonesia tersebut akan kita temukan kelompok-kelompok Etnis, suatu kelompok manusia yang dilator belakangi kebudayaan-kebuyaannya sendiri, merupakan suatu kondisi yang menunjukan katerogenitas kebudayaan ini merupakan suatu kondisi yang “ potensial “ untuk terjadinya konflik-konflik/pertentangan-pertentangan kebudayaan. Misalnya, di Kalimantan terjadi pertentangan antara orang Madura dan orang Dayak. Konflik-konflik antara pendatang dengan penduduk local di daerah transmigrasi dan sebagainya. Interaksi antar kebudayaan, akan mengarah kepada konplik/pertentangan kebudayaan jika di antara pelaku interaksi tersebut tidak memahami kebudayaan dari orang/kelompok lawan interaksinya. Untuk itu, mahasiswa sebagai insane akademis perlu diberi wawasan mengenai masalah-masalah kebudayaan dan kemanusiaan. Selain itu latar belakang IBD dalam konteks budaya, Negara dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan permasalahan sebagai berikut :

 1. Kenyataan bahwa bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa dengan segala keragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya yang biasanya tidak lepas dari ikatan-ikatan primodial, kesukuan dan kedaerahan.
Proses pembangunan pun, menimbulkan dampak positif dan negatif, berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusianya juga terkena pengaruhnya. Akibat lebih jauh dari pembenturan nilai budaya ini ialah timbulnya konflik dalam kehidupannya.

2. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konplik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan yang telah diciptakannya. Hal ini merupakan akibat sifat ambivalen teknologi, yang disamping memiliki segi-segi positifnya, juga memiliki segi-segi yang negatif. Akibat dampak negatif teknologi, manusia menjadi resah dan gelisah. Keresahan manusia tersebut muncul akibat adanya benturan-benturan nilai teknologi modern dengan nilai-nilai tradisional karena sains dan teknologi berpijak pada suatu kerangka budaya. Kontak budaya dengan kebudayaan asing juga akan menimbulkan perubahan orientasi budaya dan menimbulkan dampak terhadap tata nilai masyarakat.

PUSTAKA

Utama :

 Iskandar Wassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Alwi, Hasan. 2001. Kalimat. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

__________  2001. Paragraf. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Yulianto, Bambang. 2007. Mengembangkan: Menulis Teknis. Surabaya: Unesa University Press.

Suparno & Mohamad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: UT.

Soedarso. 2002. Speed Reading: Sitem Membaca Cepat Dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tim Penyusun. 2005. Seri Penyuluhan Referensi Pembelajaran Menyunting Kurikulum 2004:Ejaan Bahasa Indonesia. Surabaya :Surya Print.

 Wardani, I.G.A.K. 2007. Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: UT

Semi, M. Atar. 1990. Rancangan Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Angkasa.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Yulianto, Bambang. 2008. Aspek Kebahasaan dan Pembelajarannya. Surabaya: Unesa University Press.

 

Pendukung :

Alwi, Hasan dkk. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (edisi ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maudiarti, Santi. 2007. Prinsip Disain Pembelajaran: Buku Kerja. Jakarta: Kencana.

Nur, Mohamad. 2011. Model Pengajaran Langsung. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa.

Nursisto. 2000. Kiat Menggali Kreativitas. Yogyakarta: Mitra Gama Widya.

Tarigan, Henry Guntur. 1990. Pengajaran Kompetensi Bahasa. Bandung: Angkasa.

Uno, Hamzah B. 2009. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran: Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan. Jakarta: Bumi Aksara.

 

 

 

Silahkan download :

1. RPS BAHASA INDONESIA MANAJEMEN/AKUNTANSI SMT 1 KELAS SORE
2. SEJARAH SINGKAT, KEDUDUKAN, DAN FUNGSI BAHASA
3. RAGAM BAHASA
4. EJAAN DAN TANDA BACA
5. KALIMAT DAN KALIMAT EFEKTIF
6. KALIMAT EFEKTIF DAN CONTOH
7. PARAGRAF
8. PEDOMAN EYD