Drs. Supriyadi, S.E., M.Pd.

ILMU BUDAYA DASAR

Mata kuliah ini mengajarkan mengenai konsep-konsep kebudayaan dan kemanusian.

Konsep-konsep kebudayaan ialah :

Kebudayaan dan Fungsinya
Relativitas dan Universalitas kebudayaan
Unsur-unsur kebudayaan

Konsep-konsep kemanusiaan meliputi materi :

Cinta kasih
Keindahan
Keadilan
Tanggung jawab dan pengabdian
Kegelisahan
Harapan

        Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang dikenal sebagai masyarakat yang majemuk secara cultural. Artinya pada masyarakat Indonesia tersebut akan kita temukan kelompok-kelompok Etnis, suatu kelompok manusia yang dilator belakangi kebudayaan-kebuyaannya sendiri, merupakan suatu kondisi yang menunjukan katerogenitas kebudayaan ini merupakan suatu kondisi yang “ potensial “ untuk terjadinya konflik-konflik/pertentangan-pertentangan kebudayaan. Misalnya, di Kalimantan terjadi pertentangan antara orang Madura dan orang Dayak. Konflik-konflik antara pendatang dengan penduduk local di daerah transmigrasi dan sebagainya. Interaksi antar kebudayaan, akan mengarah kepada konplik/pertentangan kebudayaan jika di antara pelaku interaksi tersebut tidak memahami kebudayaan dari orang/kelompok lawan interaksinya. Untuk itu, mahasiswa sebagai insane akademis perlu diberi wawasan mengenai masalah-masalah kebudayaan dan kemanusiaan. Selain itu latar belakang IBD dalam konteks budaya, Negara dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan permasalahan sebagai berikut :

      1.  Kenyataan bahwa bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa dengan segala keragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya yang biasanya tidak lepas dari ikatan-ikatan primodial, kesukuan dan kedaerahan.
Proses pembangunan pun, menimbulkan dampak positif dan negatif, berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusianya juga terkena pengaruhnya. Akibat lebih jauh dari pembenturan nilai budaya ini ialah timbulnya konflik dalam kehidupannya.

      2. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konplik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan yang telah diciptakannya. Hal ini merupakan akibat sifat ambivalen teknologi, yang disamping memiliki segi-segi positifnya, juga memiliki segi-segi yang negatif. Akibat dampak negatif teknologi, manusia menjadi resah dan gelisah. Keresahan manusia tersebut muncul akibat adanya benturan-benturan nilai teknologi modern dengan nilai-nilai tradisional karena sains dan teknologi berpijak pada suatu kerangka budaya. Kontak budaya dengan kebudayaan asing juga akan menimbulkan perubahan orientasi budaya dan menimbulkan dampak terhadap tata nilai masyarakat.

 

A. Buku/Bacaan Wajib(BW)

 A1.Munandar Soelaeman, 1988, Ilmu Budaya Dasar, PT.Eresko, Bandung

 A2.ME.Suherdar & Pien Supinah ,1993, Ilmu Budaya Dasar, Pionir, Bandung

 A3.Koentjaraningrat, 1983, Kebudayaan Mentalitas & Pembangunan,PT.Gramedia ,Jakarta

 A4.Parsudi Suparlan,1984, Manusia , Kebudayaan & Lingkungannya , CV.Rajawali, Jakarta

 

B.  Buku/Bacaan Anjuran(BA)

B1.Harsya W.Bachtiar,Mattulada, Haryati Soebadyo, 1985, Budaya Dan Manusia Indonesia, PT.Hanindita ,Yogyakarta

B2.Tim Lembaga Reserch Kebudayaan Nasional LIPI, 1986, Kapita Selecta Manifestasi Budaya Indonesia, PT.Alumni ,Bandung

B3.Abdillah Hanafi , 1981,Memasyarakatkan Ide-Ide Baru, Usaha Nasional, Surabaya

B4.Koentjaraningrat, 1969 , Rintangan-Rintangan Mental Dalam Pembangunan Di Indonesia, Bhratara , Jakarta

 

Silahkan download :

1. Ruang Lingkup IBD
2. Visi dan Misi IBD
3. Pengertian dan Fungsi Kebudayaan
4. MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
5. SISTEM NILAI BUDAYA
6. PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA
7. RELATIFITAS DAN UNIVERSALITAS KEBUDAYAAN
8. CINTA KASIH MANUSIA
9. KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT
10. File .