Nerisa Agnesia Widiyanto, S.P, M.Si

ATRIBUT-ATRIBUT YANG MEMENGARUHI SIKAP DAN PREFERENSI KONSUMEN DALAM MEMBELI BUAH APEL DI KOTA SURABAYA DAN KOTA MALANG, PROVINSI JAWA TIMUR

 

Masuknya buah apel impor ke pasar dalam negeri membuat konsumen buah apel memiliki beberapa pertimbangan
sebelum memutuskan untuk membeli buah apel. Peningkatan kebutuhan konsumen akan buah apel dan
penerapan kebijakan baru tentang ketentuan impor dan pengembangan produk hortikultura mengakibatkan
pentingnya penelitian terhadap perilaku konsumen terhadap buah apel. Daerah lokasi dalam penelitian ini
ditentukan secara sengaja (purposive) yaitu di Kota Surabaya dan Kota Malang. Metode yang digunakan adalah
analisis deskriptif, model fishbein, dan analisis konjoin dengan responden berjumlah 200 yang berasal dari dua
kota terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap konsumen terhadap buah apel lokal dibandingkan apel
impor, apel lokal mempunya keunggulan pada atribut tekstur daging buah. Sementara itu, bila dibandingkan
dengan buah apel lokal, sikap konsumen terhadap buah apel impor lebih positif pada atribut harga, rasa, ukuran,
warna, kondisi kulit dan promosi. Preferensi konsumen mengarah pada rasa asam, ukuran sedang, warna hijau
kekuningan, tekstur daging renyah, kulit bersih tanpa bercak, dan berada di selang harga Rp26.001,0-
Rp34.000,0/kg. Responden memilih harga sebagai atribut yang paling diutamakan ketika melakukan pembelian
buah.
 

Silahkan download :

1. File .pdf