Indra Krishernawan, S.E., M.S.M.

PENINGKATAN KAPASITAS UMKM MELALUI PROGRAM PELATIHAN MANAJEMEN DAN PEMASARAN

UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam menggerakkan perekonomian, menciptakan lapangan kerja, dan mengurangi tingkat kemiskinan. Tujuan dilakukan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kapasitas UMKM melalui program pelatihan manajemen dan pemasara. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode kualitatif dengan studi literature atau Library Research. Tujuannya adalah untuk menganalisis perbandingan teori-teori yang ada dengan teori-teori sebelumnya pada literature hasil penelitian. Literature yang digunakan adalah literature dari hasil Pengabdian kepada Masyarakat atau review yang tersaji dalam artikel ilmiah berupatasi nasional dan internasional yang bersesuaian dengan topik yang akan dikaji. Berdasarkan kajian literature pada hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa: dengan memberikan pelatihan manajemen dan pemasaran dapat meningkatkan kapasistas UMKM. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi mitra yaitu peningkatan pengetahuan tentang manajemen dan pemasaran. Kata kunci: UMKM, Manajemen, Pemasaran.

Link Jurnal ; https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/22306

Silahkan download :

1. Artikel
2. LOA
3. Hasil Turnitin