Indra Krishernawan, S.E., M.S.M.

PENGANTAR BISNIS

Banyak kemajuan pandangan masyarakat kita terahdap bisnis dibandingkan dengan satu atau dua dekade yang lalu. Pada masa lalu, orang tua kita memandang sebelah mata terhadap pekerjaan bisnis. Bisnis tidak dianggap sebagai profesi. Orang terpandang, kaum intelektual, ahli agama menutup minatnya terhadap bisnis, ada rasa malu menerjuni bidang ini. Namun sekarang persepsi demikian telah berlalu, masyarakat tidak memandang rendah lagi, bisnis sudah terangkat menjadi profesi elit.

Menurut Brown dan Petrelo, Bisnis merupakan suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. Bisnis saat ini telah menjadi dambaan anak muda. Banyak juga orang yang beralih profesi ke profesi bisnis, seperti ahli hukum, teknologi, kedokteran, pendidik/guru, dosen. Ada yang pindah jalur ke profesi bisnis sebagai pekerjaan utama adapula yang sambilan. Memang profesi bisnis sangat mengasyikkan, memberi kepuasaan lahir dan batin kepada pelaksanaannya. Profesi ini harus kita tekuni, dirintis dan dikembangkan. Masih terbuka luas lapangan kerja, masih banyak komoditi dan kegiatan bisnis yang menantang. Perkembangan dunia bisnis semakin cepat dan dinamis dan hal ini akan mendorong setiap individu berusaha semaksimal mungkin untuk tetap bertahan dan semakin berprestasi dalam menjalankan bisnis. Pengetahuan dasar dalam pengelolaan bisnis sangat penting didapatkan bagi pelaku bisnis pemula dan para pembelajar di bangku perkuliahan.

Mata kuliah yang tepat untuk disampaikan kepada mahasiswa adalah mata kuliah Pengantar Bisnis yang terdiri dari pokok bahasan sebagai berikut :

Bab 1          : Sistem Perekonomian dan Bisnis

Bab 2          : Pengertian dan Ruang Lingkup Bisnis dan Perusahaan Dalam Sistem Sosial

Bab 3          : Bentuk Kepemilikan Bisnis

Bab 4          : Bentuk Bisnis Kecil dan Pemilihan Letak Perusahaan

Bab 5          : Struktur Organisasi dan Deskripsi Pekerjaan

Bab 6          : Manajemen Perusahaan, Etika dan Tanggungjawab Sosial

Bab 7          : Adminitrasi Kantor dan Prosedur Mendirikan Perusahaan

Bab 8          : Sistem Informasi Manajemen

Bab 9          : Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Bisnis

Bab 10        : Kompensasi dan Upah

Bab 11        : Fungsi Manajemen Produksi Dalam Bisnis

Bab 12        : Fungsi Manajemen Pemasaran Dalam Bisnis

Bab 13        : Fungsi Manajemen Keuangan dan Akuntansi Dalam Bisnis

Bab 14        : Hukum Bisnis dan Budaya Perusahaan

 

 

Silahkan download :

1. Rencana Pembelajaran Semester Pengantar Bisnis