MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN
Mata Kuliah Manajemen Kewirausahaan ini merupakan mata kuliah yang penting diampu oleh mahasiswa Program Studi Manajemen sebagai bekal dalam memulai dan menjalankan usaha atau bisnis. Model pengajaran pada matakuliah ini adalah dalam bentuk pemaparan teori secara klasikal, diskusi kelompok atau pemecahan kasus-kasus tentang bisnis dan perkembangan serta dalam bentuk penugasan yang meliputi 2 jenis yakni tugas observasi pada bisnis online dan sekaligus mempresentasikan dan tugas praktek membuat bisnis berbasis teknologi informasi secara kelompok.
Secara garis besar berikut sub pokok bahasan mata kuliah Manajemen Kewirausahaan selama 14 kali tatap muka :
Pertemuan 1 : Pendahuluan & Pengantar Kewirausahaan
Pertemuan 2 : Konsep Dasar dan Motivasi Berwirausaha
Pertemuan 3 : Jenis, Manfaat, Fungsi dan Prinsip Berkewirausahaan
Pertemuan 4 : Kreativitas dan Keinovasian dalam Kewirausahaan
Pertemuan 5 : Strategi Menangkap Peluang Usaha
Pertemuan 6 : Pemimpin Berjiwa Kewirausahaan
Pertemuan 7 : Kompetensi Inti dan Strategi Mencapai Keunggulan Bersaing
Pertemuan 8 : Merintis usaha baru atau Membeli bisnis yang sudah ada
Pertemuan 9 : Asas, Prinsip, Tujuan dan Pengelolaan Usaha Mikro, Kecil & Menengah (UMKM)
Pertemuan 10 : Peluang Usaha Waralaba dan Suksesi Usaha Keluarga
Pertemuan 11 : Pengembangan Pemasaran dan Teknik Menjual
Pertemuan 12 : Perencanaan, Pengelolaan dan Strategi Bisnis
Pertemuan 13 : Sumber Pendanaan Usaha dan Hak Kekayaan Intelektual serta Hukum Perjanjian
Pertemuan 14 : Etika Bisnis dan Penyusunan Rencana Usaha
Silahkan download :
1. Pertemuan 12. Pertemuan 2
3. Pertemuan 3
4. Pertemuan 4
5. Pertemuan 5
6. Pertemuan 6
7. Pertemuan 7