Indra Krishernawan, S.E., M.S.M.

MSDM II

Pengantar Matakuliah

Manajemen Sumber Daya Manusia II

 

Peranan sumber daya manusia dalam perusahaan memiliki peran serta fungsi yang penting bagi tercapainya tujuan organisasi perusahaan. Sumber daya manusia di sini mencakup keseluruhan manusia yang ada di dalam organisasi perusahaan, yaitu mereka yang secara keseluruhan terlibat dalam operasionalisasi bisnis perusahaan, dari level yang paling bawah, seperti satpam, pekerja di bagian pemrosesan barang tmtuk jenis perusahaan produksi, atau juga tenaga penjual langsung (direct seller) yang direkrut perusahaan hingga ke posisi direktur utama (Chief Executif Officer) yang menempati level teratas dalam bisnis perusahaan. Sekalipun berbeda level, akan tetapi kesemua sumber daya manusia tersebut merniliki peran yang sarna dan signifikan bagi tercapai tidaknya tujuan dari perusahaan. Pengabaian terhadap salah satu bagian dari sumber daya manusia tersebut akan berimplikasi serius terhadap terhambatnya pen­capaian tujuan perusahaan. Pengertian ini mencakup dari mulai memilih siapa saja yang pantas untuk memiliki kualifikasi seperti yang disyaratkan, perusahaan hingga bagaimana agar kualifikasi ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan serta di­kembangkan dari waktu ke waktu. Oleh karena manajemen sumber daya manusia ini merupakan proses yang berkelanjutan, sejalan dengan proses operasionalisasi perusahaan, maka perhatian terhadap sumber daya manusia ini memiliki tempat yang khusus dalam organisasi perusahaan. Dalam struktur organisasi perusahaan, di antara faktor yang perlu mendapat perhatian khusus dari para manajer adalah manajemen sumber daya manusia. Setelah struktur organisasi didesain, kemudian setelah ke­wenangan dan tanggung jawab disusun, dan pekerjaan ditentukan, maka langkah berikutnya adalah menentukan dan menempatkan sumber daya manusia yang sesuai untuk setiap bagian dalam organisasi.

Menyikapi latar belakang diatas maka sangat diperlukan mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia yang berkelanjutan yang dikemas dalam matakuliah MSDM II dengan rincian pokok bahasan sebagai berikut :

 

Pertemuan 1 : Pendahuluan : Kontrak Perkuliahan dan RPS MSDM II

Penyampaian Kontrak Perkuliahan dan RPS MSDM II
Materi Review Manajemen Sumber Daya Manusia

 

Pertemuan 2 : Perekrutan dan Penempatan

Analisis Pekerjaan
Perencanaan Personel dan Perekrutan SDM
Pengujian dan Seleksi Karyawan
Mewawancarai Para Calon Karyawan

 

Pertemuan 3: Pelatihan dan Pengembangan

Melatih dan Mengembangkan Karyawan
Manajemen dan Penilaian Kinerja
Mengelola Karier

 

Pertemuan 4 : Kinerja dan Penilaian Prestasi

Pengertian Penilaian Kinerja
Tujuan Penilaian Kinerja
Kriteria Penyelia
Kegunaan Penilaian Kinerja
Faktor-faktor yang menghambat dalam penilaian kinerja
Jenis-jenis penilaian kinerja
Aspek-aspek yang dinilai
Metode penilaian kinerja
Aplikasi Penilaian Kinerja Individu dengan Pendekatan MBO
Program Penilaian Kinerja
Perusahaan Mendapatkan Sukses melalui penilaian Kinerja
Sumber Kesalahan dalam Penilaian Kinerja
Teknik Penyuluhan dan Panduan untuk wawancara penilaian kinerja

 

Pertemuan 5 : Pengukuran Kinerja menggunakan Balance Scorecard

Pendahuluan
Pengertian Kinerja dan Balance Scorecard
Alasan Mengapa di perlukan balance scorecard
Konsep Balance Scorecard
Tolak Ukur dalam Balance Scorecard
Keunggulan dan Kelemahan Penerapan Balance Scorecard dalam Perusahaan
SDM sebagai Mitra Strategis
Kompetensi Bagi Profesional HR
Mengimplementasikan HR Scorecard

 

Pertemuan 6 : Kompetensi dan Balas Jasa

Kompensasi
Gaji
Insentif dan Pembagian Keuntungan

 

Pertemuan 7 : Proteksi SDM

Pengertian Proteksi
Faktor-Faktor yang menentukan Proteksi
Santunan Sebagai Sarana Proteksi
Perlindungan, keselamatan dan kesehatan kerja
Strategi meningkatkan kualitas kerja

 

Pertemuan 8 : Menyesuaikan Harapan Karyawan dengan Strategi Perusahaan Melalui Komunikasi dan Disiplin Kerja

Membangun Komunikasi
Membangun Disiplin Kerja
Disiplin Kerja
Instrumen Pengukuran Komunikasi Interpersonal

 

Pertemuan 9 : Motivasi dan Kepuasan Kerja

Motivasi
Kepuasan Kerja
Mengukur Motivasi dan Kepuasan Kerja Karyawan

 

Pertemuan 10: Pemeliharaan Hubungan Kerja

Pengertian Serikat Pekerja
Pentingnya Serikat Pekerja Bagi Karyawan
Tantangan dan Hubungan Pekerja
Hubungan Manajemen dengan Serikat Pekerja

 

Pertemuan 11: SDM Internasional

Pendahuluan
Personel dan Organisasi Perusahaan Multinasional
Mengelola Sataf Internasional
Bisnis Internasional, Relasi Industri dan Demokrasi Industri

 

Pertemuan 12: Konflik dan Stres Kerja

Konflik Kerja
Stres Kerja

 

Pertemuan 13: Sistem Informasi SDM

Pengertian Sistem Informasi SDM
Keterkaitan antara SISDM dengan aktivitas SDM
Evolusi Sistem Informasi SDM
Kegunaan Sistem Informasi SDM
Komponen dasar sistem informasi SDM
Sumber-sumber informasi SDM
Model merancang sistem informasi SDM
Pedoman merancang sistem informasi SDM
Pengamanan sistem informasi SDM

 

Pertemuan 14: Audit SDM

Pengertian Audit SDM
Latarbelakang perlunya audit SDM
Norma Audit
Manfaat Audit SDM
Tujuan Audit SDM
Sumber Data Audit SDM
Prospek Audit
Pendekatan Riset Audit SDM
Instrumen-instrumen Audit SDM
Laporan audit
Rekomendasi Hasil Audit

 

Daftar Pustaka

Mondy, R.W., 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kesepuluh (terjemahan), Jakarta: Penerbit Erlangga.
Schuler, R.S. & Jackson, S.E., 2006, Human Resource Management, International Perspective, Mason: Thomson South-Western.
Dessler, Gary., 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Kesepuluh Jilid 2 (terjemahan), Jakarta : Indeks
Dessler, Gary., 2018, Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Kesepuluh Jilid 1 (terjemahan), Jakarta : Indeks

 

Silahkan download :

1. Pendahuluan : Kontrak Perkuliahan
2. Review Materi MSDM